Sejarah Perang Palestina Dan Israel Hingga Kini

2787852a-bc58-4743-a95d-9ae91191c9ba_16x9_600x338 ,Sejarah Perang Palestina Dan Israel-Israel terus menggmpur palestina sejak 8 Juli lalu dan sudah menewaskan kurang lebih 1362 warga Palestina yang sebagian besar dari warga sipil.

Konflik yang terjadi antara Israel dan Palestina ini sebenarnya lama terjadi dan berawal dari kaum warga Yahudi yang banyak tersebar di berbagai negara lalu kembali dan berkumpul di wilayah Palestina yang saat ini dikenal dengan nama Israel

Sejak berdirinya negara Israel pada tanggal 14 Mei 1948, Palestina khususnya wilayah Jalur Gaza terus bergolak. Wilayah dengan luas 365 kilometer persegi ini seolah menjadi penjara besar bagi sekitar 1,7 juta bangsa Palestina yang tinggal di wilayah tersebut.

Mereka tidak bisa leluasa keluar-masuk wilayah yang berbatasan dengan laut tengah, Israel, dan Mesir itu. Penduduk jalur Gaza hanya bisa keluar untuk mendapatkan berbagai kebutuhan hidup melalui Kota Rafah yang dijaga ketat oleh pasukan Israel dan Mesir.

Jalur Gaza diduduki oleh Israel sejak tahun 1967 setelah memenangkan perang Arab-Israel. Israel yang didukung Amerika Serikat mengalahkan 3 negara Arab yaitu Mesir, Suriah, dan Yordania dengan hanya dalam waktu 6 hari.

Selain jalur Gaza, Israel juga merebut wilayah Yerusalem Timur, Semenanjung Sinai, Tepi Barat, dan Dataran Tinggi Golan. Setelah melalui berbagai perundingan perdamaian, Israel dan organisasi pembebasan Palestina (PLO) pada 1993 sepakat untuk mengakui kedaulatan masing-masing dan dibentuk otoritas Palestina.

Kemudian pada 2005, Israel menarik pasukannya serta pemukiman Yahudi dari Jalur Gaza. Setahun kemudian kelompok Hamas menguasai Jalur Gaza setelah memenangkan pemilu di Palestina.

Khawatir dengan pengaruh Hamas yang semakin menguat, Israel melancarkan serangan udara selama sebulan penuh dengan nama operation cast lead. Israel beralasan Hamas kerap meluncurkan roket ke wilayah mereka. Akibat serangan itu, lebih dari 1.300 penduduk Gaza tewas.

Kemudian pada awal 2014 ini, pemerintah Palestina yang dikuasai faksi Fatah di Tepi Barat mencapai kesepakatan rekonsiliasi dengan Hamas yang menguasai Jalur Gaza. Hal ini menimbulkan kekhawatiran Israel akan kekuatan 2 faksi Palestina tersebut.

Saat ini israel kembali gempur gaza secara besar-besaran, baik melalui udara maupun udara. Sejak serangan pertama Israel 8 Juli sampai berita ini diturunkan atau 23 hari lamanya sudah 1300 lebih warga palestina tewas. Bahkan Israel terus menambah Pasukanya hingga berjumlah 86 ribu pasukan mengepung Gaza.

Entah kapan perang itu akan berakhir, agar dunia ini bisa menjadi tempat aman bagi ummat manusia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s